Menulis Novel Pada Jam Makan Siang Anda


Baiklah, jadi saya tidak benar-benar menulis keseluruhan novel pada jam makan siang saya. Tapi saya mengembangkan banyak karakter, lokasi dan plot dengan melewatkan setengah jam dari setiap hari kerja untuk membuat sketsa beberapa gagasan. Anda akan terkejut dengan apa yang bisa Anda lakukan hanya dalam tiga puluh menit sehari.

Pertama, sedikit latar belakang. Aku punya pekerjaan yang membuatku gila. Prioritas perusahaan di perusahaan saya bekerja untuk berubah setiap minggu. Proyek yang saya kelola berhasil dibatalkan di tengah perkembangan, meledak di landasan peluncuran, atau berlanjut tanpa batas waktu tanpa pengukuran keberhasilan. Pekerjaan saya menjadi lebih banyak tentang mengocok kertas dan jadwal daripada menciptakan karya besar. Saya frustrasi. Pikiran saya beralih ke novel yang belum pernah saya tulis.

Tapi bagaimana saya bisa menulisnya? Saya tidak pernah punya waktu Ketika pulang kerja setiap hari, sudah terlambat. Saya lelah dan rewel, tidak bisa berbuat banyak tapi makan malam dan tertidur. Akhir pekan dipenuhi dengan mengurus rumah, mencuci pakaian, melihat keluarga. Saya perlu membuat semacam rencana jika saya ingin menyelesaikan sesuatu. Saya mulai dengan menjanjikan diri bahwa saya akan beristirahat setengah jam setiap hari di tempat kerja, mengambil buku catatan dan pensil dan menuliskan apa pun yang ada di kepala saya.

Beberapa hari saya pergi makan siang, duduk sendirian di bar jus atau taco dan menulis saat saya makan. Pada hari-hari ketika saya membawa makan siang dari rumah, saya akan pergi ke tempat parkir yang jauh atau di pinggir jalan dan duduk di mobil saya, membuat catatan. Dan pada hari-hari ketika saya tidak bisa keluar makan siang, saya memastikan untuk memesan satu setengah jam pribadi dalam kalender perusahaan sehingga tidak ada yang bisa menjadwalkan saya untuk rapat. Pada waktu yang ditentukan, saya akan mengambil buku catatan saya, menemukan sebuah lubang kecil di beberapa sudut bangunan tempat staf jarang pergi, duduk dan mulai menulis.

Awalnya sulit menyisihkan pemikiran kerja. Tapi cukup cepat, dengan menerapkan beberapa strategi sederhana, saya bisa menulis setidaknya beberapa halaman setiap hari. Beberapa hari saya hanya menuliskan daftar frasa, kata sifat, nama dan pada orang lain saya mengelola beberapa paragraf dari prosa yang dapat ditolerir. Tapi semakin saya melakukannya, semakin mudah jadinya. Setelah tiga bulan aku mengisi dua buku catatan dengan gagasan untuk karakter, situasi, lokasi. Novelku berbentuk. Kasar bentuknya, tentu saja, tapi bentuknya tetap.

Ada juga manfaat lain yang tidak saya duga. Menulis di buku catatan saya selama setengah jam memberi saya rasa puas yang membantu meringankan tekanan pekerjaan saya. Sore hari saya menjadi lebih ringan, kurang suram. Saya berani mengatakan bahwa saya mengembangkan sebuah mata air di langkah saya yang belum pernah ada sebelumnya. Ini juga memberi saya kepercayaan diri untuk mencari pekerjaan baru, satu dengan beban waktu yang lebih sedikit, jadi saya bisa mendedikasikan diri untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Jadi jika waktu adalah masalah bagi Anda, inilah sepuluh saran tentang cara memulai rutinitas penulisan jam makan siang, termasuk beberapa tip untuk membuat Anda tetap pada jalurnya.

1. Sketsa karakter
Pilih karakter yang Anda pikirkan. Atau ciptakan yang baru di tempat. Mulailah dengan sebuah nama. Apakah karakter laki-laki atau perempuan? Berapa umur Tunggal, terikat atau menikah? Apa warna mata? Apa warna rambutnya? Apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah? Di mana mereka tinggal? Mulailah dengan kota atau kota, lalu tambahkan rinciannya. Seperti apa rumah atau apartemen mereka? Rincian membuat perbedaan. Terus tambahkan rincian sebanyak mungkin. Mobil macam apa yang dikemudikan karakter Anda (jika mereka mengemudi)? Apa yang mereka makan untuk sarapan pagi? Pakaian apa yang mereka kenakan?

2. Sketsa lokasi
Sekali lagi, mulai dari yang umum dan jalani sampai ke rinciannya. Anda bisa memulai dengan lokasi yang sebenarnya atau membayangkannya, atau memulai dengan yang asli dan beralih ke yang dibayangkan. Apakah lokasi di luar atau di dalam? Siapa disana? Jika di luar, tanaman dan binatang macam apa yang mungkin ada? Begitu Anda telah menemukan ide tersebut, ikuti tur lokasi di benak Anda. Berjalan melewatinya, berhenti sejenak, melihat-lihat. Apa yang kamu lihat? Langkah melalui indra Anda saat Anda melihat-lihat. Bagaimana baunya? Seperti apa bentuknya? Apa yang kamu dengar?

3. Campurkan itu
Begitu Anda memiliki selusin karakter dan lokasi atau lebih, cobalah menggabungkannya. Apa yang akan terjadi jika karakter A dan karakter D bertemu di lokasi C? Mengapa mereka ada di sana? Apakah mereka bertemu di sana untuk pertama kalinya atau apakah mereka sudah saling mengenal? Bagaimana masing-masing menanggapi pertemuan tersebut?

4. Jadwalkan sesi Anda
Masukkan ke dalam sistem kalender Anda. Lebih mudah membuat diri Anda menulis saat Anda memperlakukan proses seperti semua pertemuan bisnis Anda yang lain.

5. Keluar dari Ruangan
Ada terlalu banyak gangguan di ruang kerja Anda. Bagaimana Anda akan menjadi kreatif dengan semua tanggung jawab yang menatap wajah Anda?

6. Matikan ponsel Anda
Tidak ada yang begitu penting sehingga tidak bisa menunggu setengah jam.

7. Dapatkan kertas, dan pensil atau pulpen
Komputer sangat bagus untuk membuat segalanya terlihat bagus. Mereka tidak bagus untuk melakukan brainstorming. Lembaran kertas memungkinkan Anda menulis di pinggiran, menggoreskan di mana saja.

8. Jeda, tapi jangan berhenti
Jangan menghabiskan dua puluh menit untuk menentukan apakah karakter Anda lebih memilih donat untuk bagel. Itu bisa datang nanti. Pilih saja dan lihat apa yang terjadi. Menulis semuanya, apa pun, mendorong Anda maju.

9. Jangan khawatir tentang "menulis"
Ini bukan saatnya menilai secara kritis kualitas prosa Anda. Sebenarnya, Anda mungkin tidak ingin "menulis" sama sekali di fase pertama ini. Buat daftar kualitas karakter atau fitur lokasi. Buatlah daftar nama untuk karakter. Di sisi lain, jangan takut untuk mulai menulis juga. Pergilah dengan apapun yang terasa benar hari itu.

10. Jangan khawatir, titik.
Jika tidak banyak yang terjadi pada awalnya, jangan khawatir tentang hal itu. Ini hanya setengah jam dari hari Anda. Paling buruk itu adalah istirahat yang tenang. Dan Anda bisa kembali lagi besok.


0 Response to "Menulis Novel Pada Jam Makan Siang Anda"

Posting Komentar

wdcfawqafwef